Selasa, 06 Maret 2018

Memberi imaji positif tentang sholat.


Hari Selasa adalah jadwal materi keimanan, mengenalkan ibadah kepada anak-anak. Ibadah sholat.

Hari Selasa adalah hari yang agak padat buat saya karena ada jadwal tadarus LAQU, belajar bahasa Arab dengan metode AMALI bersama penulis buku LAQU Irfan Amalee. 

Selasa juga jadwal diskusi materi dengan bunda guru di Ibu Profesional.

Makanan dan belajarnya anak-anak sudah saya siapkan sejak sore. Makanan tinggal ngangetin, sore jam 5 anak-anak mandi, dilanjutkan dengan makan, sholat, dan ngaji.

Sejak sore juga ijin pak suami untuk ikut kulwap LAQU jam 20.00. Kopi, minuman markisa, kunyit cepet2 dibuatkan. Selesai sholat Maghrib dan mengaji, nyiapkan makan malam utk pak suami. Ijin nggak menemani makan malam dan lanjut menyampaikan materi keimanan kepada anak-anak.

Materi tentang sholat. Metodenya sama seperti kemarin, mengajak anak bertanya. Sama seperti kemarin juga, saya membacakan dan anak-anak menjawab. Lalu gantian, anak-anak bertanya dan saya menjawab. Oh iya..materi kemarin ada di sini 😁ya.

Terkumpullah beberapa pertanyaan.

Berapa pahala sholat berjemaah dibandingkan dengan sholat sendiri?

Berapa rokaat sholat 5 waktu?

Apa tiang agama itu?

Pertanyaan saya kembalikan ke anak-anak untuk dijawab.

Imaji positif bahwa sholat adalah tiang agama, maka jika kita sholat berarti menegakkan agama saya jelaskan sambil membiarkan si kakak main bola bekel dan si adik main lego.

Imaji positif bahwa ketika sholat itu kita ketemu Alloh, sama seperti ketika nabi Muhammad bertemu Alloh di saat Mi’raj. Kalo ketemu Alloh maka dipersiapkan sebaik mungkin , kalo ketemu Alloh berdoa, minta apa yang kita inginkan. Alloh akan memberi.

Penjelasan sesimple ini bisa membuat anak semangat sholat lhoo.

Apa setelah dibacakan buku dan diberi imaji positif tentang sholat anak-anak akan rajin sholat?

Sejauh ini, berdasarkan pengalaman, anak-anak relatif lebih rajin. Ketika kita rajin menceritakan alasan sholat, selalu mengingatkan untuk sholat pada waktunya, memeluk mereka tiap selesai sholat seraya berucap syukur kepada Alloh di depan mereka, menampakkan rasa bahagia tiap selesai sholat berjemaah, anak-anak jadi suka sekali dengan sholat.

Tingkat kerajinan anak berbanding lurus dengan intensitas orang tua memberi imaji positif tentang sholat bund..ini berdasar pengalaman sy. Nggak tau kalo pengalamannya mas Anang gimana 😄

Yuk ah..bersamai anak agar menyukai sholat. Beri imaji positif tentang sholat. Sempatkanlah...(*BCL mode on)😪


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memberi imaji positif tentang sholat. Hari Selasa adalah jadwal materi keimanan, mengenalkan ibadah kepada anak-anak. Ibadah sholat. Hari ...